banner 728x250
Berita  

852 Anggota PPS untuk Pilkada 2024 Dilantik

banner 120x600

CILACAP | JAWA TENGAH

satelitnusantara.com | SNTV

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap melantik 852 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, serta Bupati dan Wakil Bupati Cilacap yang akan berlangsung pada 27 November 2024. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di Gedung Tenis Indoor, Jalan dr. Sutomo, Cilacap, Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Weweng Maretno, menyatakan bahwa anggota PPS yang telah dilantik ini akan langsung melaksanakan tugas-tugas dari KPU dan PPK, termasuk pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih. “Jika pada Pilpres lalu jumlah TPS sekitar 5.964, maka untuk Pilkada ini setidaknya setengahnya dari itu,” ujar Weweng.

Dijelaskan pula bahwa saat ini pemetaan TPS masih terus dikaji, mengingat pada pemilihan legislatif dan presiden lalu setiap TPS memiliki maksimal 300 pemilih, sedangkan untuk Pilkada ini setiap TPS diizinkan maksimal hingga 600 pemilih.

Weweng menjelaskan lebih lanjut bahwa tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap telah dimulai sejak 27 Februari 2024, sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2024. “Tugas berikutnya adalah melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat Kelurahan atau desa,” tambahnya.

Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan selamat kepada anggota PPS yang baru dilantik. “PPS adalah ujung tombak keberhasilan Pilkada,” kata Awaluddin.

Tidak kalah penting, Awaluddin juga menekankan pentingnya sosialisasi pemilu, mengingat survei terbaru menunjukkan hanya 54% masyarakat Cilacap yang memahami proses pelaksanaan Pilkada. “Masih ada 46% yang belum tahu Pilkada,” ucap Awaluddin, seraya mengajak PPS untuk mengoptimalkan sosialisasi agar tahapan pemilu semakin dipahami masyarakat.

Awaluddin juga menyebutkan bahwa Pemkab Cilacap tahun ini telah menganggarkan sekitar Rp 80 miliar untuk mendukung KPU, Bawaslu, dan kegiatan pengamanan terkait Pilkada. “Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, PPS harus berpegang teguh kepada asas pemilu, yaitu luber jurdil dan 11 prinsip penyelenggaraan pemilu,” tegas Awaluddin.

Awaluddin berharap, seluruh anggota PPS untuk selalu bersikap profesional, jujur, dan adil dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, Pilkada 2024 di Kabupaten Cilacap dapat berjalan dengan lancar dan sukses, mencerminkan suara rakyat yang sebenarnya.

Diskominfo Kab.Cilacap / Red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *