banner 728x250
Blog  

KPU Cilacap Luncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap 2024

banner 120x600

CILACAP | JAWA TENGAH

satelitnusantara.com | SNTV

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap resmi meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap tahun 2024. Peluncuran dilakukan secara simbolis bersama jajaran Pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Cilacap, di Alun Alun Cilacap, Senin (27/5/2024).

Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Weweng Maretno, mengumumkan bahwa tahapan pemilihan telah dimulai sejak 27 Februari 2024. Sebanyak 120 orang telah disiapkan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan dan 852 orang untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan. Kesiapan ini didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, khususnya dalam hal anggaran.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Cilacap atas dukungan penuhnya. KPU Kabupaten Cilacap siap melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, serta Bupati, dan Wakil Bupati Cilacap yang dijadwalkan pada 27 November 2024”, ujar Weweng.

Dia menegaskan KPU berkomitmen untuk menjalankan pemilihan dengan taat pada asas dan prinsip pemilu yang profesional dan akuntabel. Setiap penggunaan anggaran wajib dipertanggungjawabkan

Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Jarot Prasojo, menekankan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam Pilkada. “Hari ini, tahapan Pilkada secara resmi dimulai. Kami berharap semua penyelenggara dan peserta Pilkada mematuhi ketentuan yang ada,” ujar Jarot.

Dengan prinsip pemilu yang luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dan jurdil (jujur dan adil), KPU percaya bahwa Pilkada Cilacap akan berjalan sukses dan lancar, menghasilkan pemimpin yang dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Cilacap.

Acara yang dikemas dalam Panggung Hiburan Rakyat ini juga sekaligus meluncurkan maskot Pilkada Cilacap yakni Cimarlin, akronim dari Cilacap Mari Memilih Pemimpin. Cimarlin digambarkan dengan tangan kanan yang terentang, simbol dari semangat untuk maju dan berkembang, serta tangan kiri yang memegang surat suara, menandakan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihan.

Jari kelingking yang berlumur tinta merupakan tradisi setelah memilih, sebuah tanda bahwa warga Kabupaten Cilacap telah menggunakan hak pilihnya di TPS.

Diskominfo Kab.Cilacap / Red SNTV

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *