banner 728x250

Akibat Longsor dan Banjir, Petani di Sukabumi Gagal Panen

banner 120x600

SUKABUMI | JAWA BARAT

satelitnusantara.com | SNTV

Tanaman Siap Panen di Kp.Cidadap Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten  Sukabumi, tergerus banjir dan bencana longsor yang terjadi akibat hujan yang begitu deras. Sabtu (25/05/2024).

Harapan dan penantian petani ketika hasil panen yang di tunggu akhirnya kandas, ketika tanah longsor yang di gerus dengan derasnya air hujan tertimbun menutupi semua area persawahan juga perkebunan warga tadi malem.

Kejadian longsor di akibatkan karena curah hujan yang lama dan sangat deras, sehingga saluran air tidak bisa menahan air dan akhirnya terjadinya longsor yang menutupi akses jalan perkampungan tertutup.

Kejadian terjadi sekitar jam 11 malem dini hari di Kp.Cidadap Girang RT 06 RW 01, Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi.

Menurut H.Ganda (65) selaku warga setempat juga sebagai orang yang terkena musibah bencana alam ketika di wawancara mengungkapkan kepada media SN, “Kejadian yang tidak di duga akibat hujan deras dan tanah yang dari tebing tidak kuat dan akhirnya longsor dan tergerus air sehingga menutupi akses jalan perkampungan, juga material tanah terbawa sehingga perkebunan tanaman hias yang siap di panen tidak bisa di ambil karena tertimbun tanah dan rusak “ucapnya.

Lanjutnya,selain perkebunan juga ada sebagian tanah persawahan juga tertimbun material longsor, kerugian di taksir puluhan juta, saya berharap pemerintah pusat ataupun pemerintah setempat bisa memberikan bantuan kepada para petani yang gagal panen karena musibah banjir dan tanah longsor ini.

Menurut warga setempat belum ada konfirmasi dan penanganan yang serius dari pihak aparatur pemerintah desa setempat dalam meninjau ketempat kejadian tersebut.

Reporter :Adang

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *